Berita Terbaru
Loading...
Senin, 15 Maret 2010

arabic xp

Bagaimana membuat Komputer anda dapat menulis dan menampilkan huruf Arab?

Sebenarnya posting ini sudah saya rencanakan sejak lama, namun karena tidak ada permintaan tentang posting dengan topik ini, saya membatalkannya. Sekarang karena masih banyak yang kesulitan untuk menampilkan huruf arab di Windows, membuat saya tertarik lagi untuk mempostnya.

Sebenarnya ini artikel yang cukup sederhana tetapi saya mendapati cukup sering kawan yang sudah terbiasa menginstall dan bahkan termasuk admin Windows yang terbiasa dengan instalasi dan memberikan berbagai penyelesaian dalam hal per-windows-an ternyata tidak sadar kalau Windows XP bisa di-install fonts arabic. Beberapa di antaranya menganggap, agar bisa menulis dengan fonts arabic harus di-install software atau tools tambahan pada Windows XP.

Yang lainnya ada yang beranggapan bahwa untuk mengetik fonts arabic mesti menggunakan Windows XP Versi arabic. Mereka mengira seperti Versi windows sebelumnya, yang untuk bisa mengetik arabic saja mesti menggunakan Versi Windows Arabic atau paling tidak menggunakan software atau tools keyboard Arabic. Tentunya tidak semua orang seperti itu tetapi seperti saya tulis di atas, realistasnya di lapangan masih banyak yang beranggapan seperti itu. Bisa jadi karena dalam keseharian tidak terbiasa menggunakan fonts arabic sehingga tidak terlalu memperhatikan masalah tersebut.

Nah.., bagi yang masih beranggapan seperti itulah tulisan ini diperuntukkan!

Langkah Instalasi

1. Siapkan CD installer Windows XP dengan versi sesuai yang telah terinstall di PC Anda, bagi yang sudah men-copy folder i386 (seperti kebiasaan saya :) )di PC maka CD installer tidak diperlukan lagi
2. Masuk ke Control Panel dan pilih Regional and Language Option
3. Pilih kolom Language dan beri tanda cek list Install files for complex script……
4. catatan : kalau anda ingin komputer anda bisa menampilkan dan menulis tulisan jepang atau china, silahkan centang yang Install files for east asian language juga
5. Aply & restart komputer
6. Ulangi langkah di atas dan masuk pada posisi sebelum di-restart
7. Klik detail lalu klik Add
8. Pilih keyboard arabic

Sampai di sini berarti keyboard arabic sudah siap digunakan, Anda bisa mengaktifkan language bar di toolbar kanan bawah agar Anda bisa berpindah-pindah dari keyboard latin ke Arabic dan sebaliknya.

Pilihlah AR untuk berpindah ke font arab, dan kalau mau mencampur font arab dan latin, tinggal klik saja language bar tersebut.

Dalam menggunakan font arab, yang sering dikeluhkan oleh pengguna adalah keyboardnya tidak arab. Karena bukan keyboard arab dan belum hafal dengan letak tombol huruf arab, jadi menulisnya lebih susah lagi. Untuk permasalahan tersebut, solusinya adalah menggunakan Online Screen Keyboard, dimana disitu akan ditunjukkan letak masing-masing huruf dengan hanya mengubah language bar saja.

Untuk mengakses Online Screen Keyboard, ada 2 cara

START / RUN ketik osk

START / ALL PROGRAMS/ACCESSORIES / ACCESSIBILITY / ON SCREEN KEYBOARD

Bentuk tampilannya seperti ini

Tapi bila saya mengubah keyboard layout saya ke arabic, tombolnya akan segera mengikuti layout tersebut



Untuk menggunakannya di Word atau program aplikasi lain, buka dulu program aplikasi tersebut, buka On Screen Keyboard, klik program aplikasi untuk mengaktifkan, lalu set language bar ke Arabic. OSK akan langsung berubah ke Arabic.

Contohnya, saya menulis Bismillah (saya sudah hafal letak tombol arab, jadi menulis arab hampir sama dengan menulis tulisan latin biasa)

بسم الله الرحمن الرحيم

Gampang khan?

Nah, susahnya adalah memberi kharokat, karena memberi kharokat dalam bahasa arab harus mengulangi lagi, mulai dari bak, yak, mim dan seterusnya. Kharokat akan tampak bila anda menekan SHIFT

Sekarang, agar tulisan anda agak lebih bernilai seni, dapat anda tambahkan beberapa font arabic yang menarik. Silahkan download dibawah ini

1. Arabic-Amien01
2. Arabic-Karbala
3. Arabic-Globatec1
4. Arabic-Siddiqua

Atau mau bermain-main dengan font yang keArab-araban, silahkan download font dibawah ini


Alhambna
Kara Ben Nemsi


Catharsis Bedouin


Mohammed


Pseudo Saudi


Alfred Drake


Running Smobble


Arab Dances


DS Arabic


Arabolical

0 komentar:

Poskan Komentar